Hanya perlu laravel 6 dan docker

26 Oktober 2019| Super Administrator| Tags:

 

Pekan ini saya sedang malang melintang di dunia maya untuk mencari artikel yang bisa menjawab keresahan saya tentang bagaimana docker bisa mengakomodir laravel versi terbaru yaitu versi 6.

memang banyak sih artikel yang sudah membahas topik itu, namun ada beberapa kondisi yang khusus pada kasus ini. Yakni saya ingin tidak menginstall lampp atau dependency apapun ke dalam laptop saya. Saya  benar-benar ingin laptop saya clean dan hanya menjalankan docker saja untuk keperluan environment pemograman web. hehe

Perjalanan itu akhirnya menghasilkan kumpulan link yang belum sempat di tindak lanjuti. rencananya daripada berakhir sebagai bookmark di browser yang seringnya terabaikan. Akhirnya saya coba untuk membuat ulasan masing-masing link dalam bentuk artikel ini.

  • https://morioh.com/p/edd47d59de1b -> Link di tersebut menceritakan tentang bagaimana cara untuk memulai project laravel versi 6 dengan docker.  Diartikel tersebut memberi dua alternatif, pertama untuk laptop(pc) yang keaadaanya sudah terinstal php dan composer, lalu alternatif selanjutnya untuk laptop (pc) yang masih polos atau belum terinstall apapun, sehingga untuk menjalankan perintah composer bisa di lakukan pada container php docker. Hanya sih yang mengganggu sepertinya terdapat kode frontend yang belum ter-render secara benar. Membuat snipet kodenya tidak nyaman di baca. Namun informasinya menurut saya paling relevan untuk case saya.
  • https://www.techiediaries.com/docker-compose-laravel/ -> ini update untuk poin satu di atas. Lebih enak untuk di baca
  • https://stackoverflow.com/questions/51443557/how-to-install-php-composer-inside-a-docker-container/51446468 -> di link ini ada pertanyaan yang relevan juga. Namun ketika saya update docker file sesuai dengan intruksinya, perintah composernya masih belum bisa berjalan baik. Saya masih belum tahu apakah ada yang belum sesuai.
  • https://github.com/sprintcube/docker-compose-lamp/tree/7.3.x -> sebenarnya repo ini hanya menjawab solusi untuk saya yang ingin mengganti lampp ke docker. Namun masih belum lengkap dengan composernya. Saya juga masih belum mencoba repo ini. Namun sepertinya ini cukup bagus sebagai awal, sehingga mungkin kedepan saya hanya coba mengembangkan isi docker compose maupun docker filenya.
  • https://medium.com/@danairwanda/laravel-teknologi-virtualisasi-menggunakan-docker-f263a547a555 -> link ini adalah artikel dari medium yang ditulis oleh orang indonesia. Kurangnya artikel ini memberi cara untuk versi laravel lama dan menggunakan web server nginx bukan apache. Tapi ini petunjuk yang cukup membantu jika saya ingin eksplor penggunaan nginx. Hehe, bungkus dulu .
  • https://alysivji.github.io/php-mysql-docker-containers.html -> sebenarnya ini artikel pertama saya yang waktu itu baru tahu tentang docker. Artikel ini sangat basic menjelaskan bagaimana cara membuat environment dengan 2 image saja. pertama image APACHE yang sudah sepaket dengan PHP, lalu satu image lagi yaitu mysql-nya. Namun belum termasuk dengan phpmyadmin. Namun tetap saya simpan saja untuk jaga-jaga untuk pengingat konsep dasar mengenai docker.

Mungkin cukup sekian dulu artikelnya. Jika mungkin teman-teman ada yang mempunyai kasus serupa dan berhasil. Boleh di info di kolom komentar. ^_^

Tinggalkan Komentar

 

SO WHAT YOU THINK ?

Semoga artikel tadi bisa membawa inspirasi kepada Anda

Contact With Me